Rangkuman Bab 9 Informatika

Oleh : Nayla Sabrina Azeeza 7C/25

A.   Pengembangan Artefak Komputasional 

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional. Objek ini dapat berupa: kode program, aplikasi, situs web, foto/gambar, audio, video, presentasi, dan lainnya. Artefak komputasional dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan tools pengembangan, seperti software integrated development tools (IDE), aplikasi video editing, Aplikasi Perkantoran, 3D drawing dan printing, dan lainnya. Salah satu tools pengembangan artefak komputasional yang dipakai dalam modul ini adalah: papan sirkuit Makey Makey dan bahasa pemrograman Scratch.

1. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) ”Make anythink into keyboard”. Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard.

a. Bagian-Bagian dari Makey Makey Makey Makey sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan. Lubang bukan ground di bagian depan tersebut dapat digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, panah kiri, panah bawah, panah kanan, spasi, dan klik. Lubang tersebut dapat dihubungkan dengan klip buaya. Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse, yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan.

 


2. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey Komputer dapat membangkitkan nada yang menyerupai suara piano, gitar, drum, dan alat musik lainnya. Pada aktivitas kali ini, kalian diajak untuk mengembangkan Artefak Komputasional dengan Makey Makey ditambah berbagai peralatan sederhana yang ada di sekitar mereka untuk membuat tiruan alat musik.

Synthesizer adalah alat musik yang mampu membangkitkan audio dengan berbagai metode, seperti: substractive synthesis, additive synthesis, dan frequency modulation synthesis. Audio ini dapat dibentuk dan dimodulasi oleh komponen seperti ilter, envelope, dan osilator frekuensi rendah. Synthesizer biasanya dimainkan dengan keyboard atau dikontrol oleh sequencer.

Membuat Alat Musik Sendiri

Kita akan belajar lebih lanjut untuk mengembangkan Artefak Komputasional dengan mengkombinasikan program Scratch dan Makey Makey. Dengan menggunakan pengalaman pada aktivitas 1 dan 2, kalian akan membuat proyek sederhana, yaitu membuat alat musik sendiri.

·       1 Buah komputer / laptop

  • 1 Buah papan makey makey
  • 6 Buah kabel yang telah dipasangkan klip buaya di setiap ujungnya
  • 6 Buah uang logam
  • 1 Buah sendok logam

Langkah-langkah untuk membuat satu set drum seperti berikut.

1.     Buka  https://Scratch.mit.edu/ dengan menggunakan menu ”search”. Ketikan drum set pada pencarian sehingga akan tertampil berbagai project drum set. Kalian juga dapat mencari jenis alat musik yang lain. Pilih Project Drum Set yang diinginkan. Dicontohkan memilih Drum Set https://Scratch.mit.edu/projects/441074743

2. Pastikan proyek yang kalian pilih dapat berjalan dengan baik. Sebelum menggunakan program yang kita pilih, kita harus menguji terlebih dahulu untuk memastikan program berjalan sesuai dengan yang dikehendaki. Klik simbol bendera untuk memulai program. Cobalah dengan menggunakan keyboard untuk menekan tombol spasi, panah atas, panah bawah, panah kiri dan panah kanan. Jika semua tombol dapat mengeluarkan bunyi sesuai dengan petunjuknya, artinya program dapat berjalan dengan baik.

Hubungkan Makey Makey dengan Komputer, dan hubungkan kabel dan klip buaya pada Makey Makey dengan uang logam sesuai pengaturan berikut.

a. Bass Drum terhubung dengan tombol spasi (space) b. Snare Drum terhubung dengan panah atas (#) c. Hi-hat (buka) kita gunakan panah kanan (") d. Hi-hat (tutup) kita gunakan panah kiri (!) e. Crash Cymball kita gunakan panah bawah ($) f. Untuk pemukul, siapkan sendok logam yang akan kita gunakan sebagai stick drum terhubung ke ground

1. Hubungkan sisi kecil dari kabel USB Makey Makey pada komputer untuk mengaktifkan Makey Makey.

2. Cobalah memukulkan sendok pada setiap koin untuk menguji drum set buatan sendiri kalian telah sesuai dengan yang dikehendaki.


Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Buku Informatika Kelas VII Nayla 7C

Alasan Saya Memilih SMP Labschool

Informatika Bab 5